Pages

Bina Usaha Rotan, Memperkuat Perempuan Adat Dayak di Kutai Barat


Ini adalah inisiatif sebuah Lembaga Nirlaba [Ornop] untuk menambah penghasilan masyarakat melalui sebuah usaha socio-komersial dengan mengembangkan produk kerajinan rotan yang dibuat oleh pengrajin dari kampung Pepas Eheng di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Rotan ditanam oleh suku Dayak Benuaq di daerah Kedang Pahu di kabupaten Kutai Barat, selain menjual rotan basah, mereka juga memproduksi kerajinan tradisional seperti keranjang rotan[Berangka], Tikar, Tas atau gelang dari rotan. Mereka biasanya menggunakan rotan sebagai bahan untuk penggunaan sehari-hari maupun pada upacara tradisional. Rotan adalah sebagian hidup mereka.

Penduduk desa Pepas Eheng umumnya adalah petani dan kebanyakan dari mereka mempunyai kebun rotan mereka sendiri. Kerajinan anyaman rotan ini umumnya dilakukan oleh kaum perempuan atau ibu-ibu. Sedangkan kaum laki-laki berperan sebagai pemotong atau pemanen rotan. Rotan adalah tumbuhan menjalar, rotan yang baik untuk menghasilkan anyaman rotan yang baik adalah rotan yang tumbuhnya merambat diatas pohon. Sehingga mereka perlu memanjat pohon untuk memilih rotan dengan mutu yang baik, untuk itu dibutuhkan keahlian kaum laki-laki. Sedangkan proses membelah, mengeringkan dan menganyam rotan dilakukan sebagian besar oleh kaum istri. Usaha kerajinan rotan ini ditekuni untuk menambah penghasilan keluarganya, disamping usaha pokok mereka sebagai petani. Kerajinan ini turun temurun di teruskan kepada anak-anak mereka agar tidak punah ditelan waktu. Bahan pewarna yang dipakai oleh mereka semuanya alami dari daun dan akar tanaman lokal. Warna yang umumnya dipakai untuk mewarnai adalah warna alami kulit rotan dan warna hitam. Kelak akan dikembangkan penambahan warna alami lainnya seperti warna merah, hijau dan biru tetapi pewarnaan ini masih dalam tahap uji coba.

Saya adalah seorang pegiat NGO dan saya menolong mereka untuk menguatkan keorganisasian usaha mereka dan membantu untuk mencari pasar bagi mereka. Saya sudah bekerja dengan himpunan ini selama lebih dari 5 tahun, tetapi kami baru memulai usaha kerajinan rotan ini sejak awal 2007. Kontak dari para pengrajin rotan di desa adalah ibu Rujun, beliau bertanggungjawab untuk pasar lokal, sedangkan saya menolongnya untuk komunikasi dengan bahasa Inggris, email dan menciptakan jaringan kerja.

Sekarang kami menolong pengrajin anyaman rotan ini untuk mendirikan sebuah lembaga
usaha yang diberi nama "Bina Usaha Rotan". Usaha ini bertujuan meningkatkan
kesejahteraan pengrajin rotan dengan memproduksi dan menjual ayaman rotan, melakukan
pelatihan bagi pengrajin mengenai teknis dan model-model baru serta memperbaiki kualitas anyaman dan mengembangkan produk baru. Umumnya mereka memproduksi anyaman berdasarkan pesanan.
Permintaan untuk produk rotan ini semakin bertambah,keuntungan yang didapat oleh lembaga usaha ini akan disalurkan kembali kepada anggota guna memperbaiki tingkat kesejahteraan pengrajin. Usaha pengembangan
kerajinan rotan ini juga di kembangkan untuk melindungi wilayah mereka dari
penggundulan hutan dan kerusakan alam akibat ekploitasi hutan.

Kabupaten Kutai Barat terdiri atas 223 desa. Sebagian besar mereka adalah petani, rotan
biasanya di pakai untuk keperluan sehari-hari,bahkan dijual untuk menambah
penghasilan keluarga. Karena nilainya tersebut selain tumbuh liar, rotan juga ditanam
dikebun mereka. Untuk kegiatan usaha kerajinan ini, saya bekerjasama dengan 3 desa
sekarang, yaitu Desa Pepas Eheng, Jengan Danum dan lambing. Lembaga Bina Usaha
Rotan ini berpusat di desa Pepas Eheng, fokus kegiatan adalah pengembangan
keorganisasian/management mereka dan meningkatkan kapasitas produksi. Harapannya
setelah kegiatan ini berhasil di Pepas Eheng, maka akan mencoba mengembangkan di desa-desa lainnya di Kalimantan Timur.

Halaman ini diciptakan hanya untuk memasarkan produk dan memperkenalkan lembaga
usaha pengrajin rotan di kabupaten Kutai Barat yaitu Bina Usaha Rotan ini kepada
umum. Tidak ada niat untuk mencari dana bantuan, dana atau sumbangan apapun melalui
halaman ini. Saya mencari-cari pasar untuk penjualan produk rotan ini, tujuan utama
kampanye ini adalah untuk mencari pembeli guna menambah sumber penghasilan
anggota Bina Usaha Rotan. Jika anda ingin membeli produk buatan tangan ini, saya
yakin bahwa uang anda akan sangat berarti dalam meningkatkan kesejahteraan mereka.