Pages

Minum dari Batang Rotan



Minum air langsung dari batang rotan merupakan pengalaman yang cukup unik bagi saya, bagaimana tidak? udara yang panas disela pepohonan membuat saya tidak bisa menahan keinginan untuk menikmati air rotan yang bening segar menggoda, dilidah terasa agak hambar-hambar tapi ada rasa manis yang tersembunyi. Dahagaku terpuasi, hati puas dan mensyukuri nikmat yang krasakan saat itu.

Memandang pak Junyung yang sedang memanjat pohon sambil menarik-narik batang rotan yang saling terpaut satu dengan yang lainnya di antara dedahanan, aku memandang air bening yang keluar dari batang rotan yang telah di potongnya. tiba-tiba ada rasa dahaga melihat air yang keluar perlahan-lahan dari pori-pori rotan itu. "Airnya bening ya?!"kataku mengomentari air tersebut. "Bisa diminum kalo mau ", katanya seolah bisa melihat isi hatiku. "Wah! tidak beracun? gimana rasanya?" tanyaku ragu walaupun ada rasa senang mendengar penyataannya soal "bisa diminum". "Coba saja!" katanya sambil turun perlahan dari pohon lalu menuju kearahku. Aku lalu menuju kumpulan rotan yang telah di potongnya, sambil memegang beberapa potong rotan aku menimbang-nimbang potongan itu, aku merasa agak geli juga melihat potongan yang cuma diletakan di tanah,dan dipotong dengan parang yang tidak dicuci. Minum langsung bisa cacingan pikirku. melihat keraguanku, pak Junyung sekali lagi seperti bisa membaca pikiranku langsung berkomentar "di bedirikan dulu rotannya, biarkan air pertama menetes sampai kotoran yang diujung rotan hilang baru di kumpulkan dalam cangkir atau gelas, karena kita tidak bawa gelas sekarang maka langsung ke mulut saja, lebih bersih he..he..he..." katanya sambil terkekeh. "selain menghilangkan haus, air rotan bagus juga untuk menghilangkan sakit urat" lanjutnya. "Oh ya?!" aku terperanjat sambil terus menadahkan mulutku di ujung kumpulan rotan. "ya.. orang tua jaman dulu sering secara khusus mengumpulkan air dari batang rotan untuk mengobati beberapa penyakit mereka, banyak gunaya air rotan ini", seru pak Junyung. Hatiku senang mendengar pernyataan itu, raguku hilang berganti maruk ingin terus meneguk air rotan agar penyakit-penyakit yang tak kuketahui ada di tubuhku bisa hilang karena khasiat air rota ini...