Pages

MENGANALISA DIRI SENDIRI SEJUJUR-JUJURNYA DENGAN TEKNIK DAFTAR



Suatu keinginan yang kita tulis dengan nyata, memang nyata!! Tak lagi terlindung oleh bayangan samar-samar yang menyesatkan. Kalau kita konsekuwen menulis tanpa pikir-pikir panjang lagi, maka akan timbul suatu pola tertentu.

Setiap orang dapat menggunakan teknik ini. Tak perlu pendidikan khusus. Memang kelihatannya sangat sederhana, tetapi didalam kesederhanaannya itulah terletak khasiatnya. Dengan menulis selekas mungkin, ada suatu badan sensor tertentu yang kehilangan kekuatan. Sensor diri kita sendiri terbuang, dan mulailah terbayang diri kita sendiri tanpa sensor. Hal-hal mengenai diri kita sendiri yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Tetapi ada saat-saatnya badan sensor itu masih bekerja juga. Kita tidak dapat mengungkapkan hal-hal yang memberati kita. Sebaiknya simpan dulu daftar keinginan tadi, dan cobalah seminggu kemudian. Demikian seterusnya selama enam sampai delapan minggu. Dua menit saja cukup. Sesudah delapan minggu, keluarkam semua daftar tersebut dan pelajari. Akan tampak suatu opola tertentu. Kalau selama ini anda belum tahu apa yang anda cita-citakan, maka ide anda akan menjadi lebih jelassesudah delapan minggu ini. Tetapi janganlah tergesa-gesa mengambil keputusan dan mengubah haluan hidup. Jangan mengira perubahan yang anda dambakan itu dapat terlaksana secepat itu. Perubahan yang drastis selalu membawa bahaya-bahayanya tersendiri. Perubahan haruslah berjalan setahap demi setahap secara natural!

Coba jugalah melakukan tes ini setiap tiga bulan sekali. Apakah ada perubahan yang agak drastis?? Mengapa keinginan saya berubah? Ataukah saya terpengaruh oleh aspek-aspek luar yang menyesatkan?

Sekarang coba tulislah secepat mungkin tanpa berpikir panjang-panjang!
Bagian satu :
1. Tiga nama orang yang paling anda kagumi
2. Tiga nama orang yang ingin anda tiru, anda mempunyai ideal ingin menjadi seperti mereka
3. Tiga buah ucapan yang ditujukan kepada anda yang paling anda hargai

Bagian Dua :
1. Tiga saat atau hari yang paling membahagiakan anda
2. Hari yang paling naas bagi anda
3. Orang yang paling dekat dengan anda
4. Hasil kerja anda yang paling memuaskan anda sendiri

Katakan sejujurnya, daftar ini untuk anda sendiri, orang lain tak perlu mengetahuinya. Bacalah daftar yang anda tulis itu dengan tenang. Memang kelihatannya sederhana sekali, tetapi didalamnya terkandung nilai -nilai yang penting untuk masa depan anda.

Sekarang simpanlah daftar itu selama beberapa minggu. Bacalah sekali lagi. Kalau anda membuat daftar seperti itu pada saat tersebut, apakah akan adan perubahan? Ataukah anda masih setuju sepenuhnya dengan apa yang anda tulis tiga minggu yang lalu? Kalau ada perubahan tulislah perubahan tersebut.

Sekarang pertimbangkanlah daftar itu dilihat dari sudut masa depan dan cita-cita anda. Jangan bersikeras mengerjakan suatu misi hanya karena anda telah mengambil keputusan mengerjakannya setahun yang lalu. Kalau anda ingin berubah haluan, lakukanlah. Tertapi ingat, apa yang anda kejar itu haruslah merupakan tujuan akhir, janga menggali-gali seperti tikus-tikus itu!

No comments:

Post a Comment