Pages

Bina Usaha Rotan, Memperkuat Perempuan Adat Dayak di Kutai Barat



Rotan ditanam oleh suku Dayak Benuaq di daerah Kedang Pahu di kabupaten Kutai Barat, selain menjual rotan basah, mereka juga memproduksi kerajinan tradisional seperti keranjang rotan[Berangka], Tikar, Tas atau gelang dari rotan. Mereka biasanya menggunakan rotan sebagai bahan untuk penggunaan sehari-hari maupun pada upacara tradisional. Rotan adalah sebagian hidup mereka.

Penduduk desa Kedang Pahu umumnya adalah petani dan kebanyakan dari mereka mempunyai kebun rotan mereka sendiri. Kerajinan anyaman rotan ini umumnya dilakukan oleh kaum perempuan atau ibu-ibu. Sedangkan kaum laki-laki berperan sebagai pemotong atau pemanen rotan. Rotan adalah tumbuhan berduri dan menjalar pada pohon yang tinggi didalam kebun rotan, rotan yang bagus untuk menghasilkan anyaman rotan yang baik adalah rotan yang tumbuhnya merambat diatas pohon. Sehingga perlu memanjat pohon untuk memilih rotan dengan mutu yang baik, untuk itu dibutuhkan keahlian kaum laki-laki. Dalam hal ini kerjasama antar laki-laki dan perempuan sangatlah penting. Sedangkan proses membelah, mengeringkan dan menganyam rotan dilakukan sebagian besar oleh kaum istri. Usaha kerajinan rotan ini ditekuni untuk menambah penghasilan keluarganya, disamping usaha pokok mereka sebagai petani. Kerajinan ini turun temurun di teruskan kepada anak-anak mereka agar tidak punah ditelan waktu. Bahan pewarna yang dipakai oleh mereka semuanya alami dari daun dan akar tanaman lokal. Warna yang umumnya dipakai untuk mewarnai adalah warna alami kulit rotan dan warna hitam.

Untuk memasarkan kerajinan rotan di kedang pahu, masyarakat pengrajin dari daerah ini telah membentuk sebuah usaha bersama yang dinamakan ” Bina Usaha Rotan”. Usaha ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan pengrajin rotan dengan memproduksi dan menjual ayaman rotan, melakukan
pelatihan bagi pengrajin mengenai teknis dan model-model baru serta memperbaiki kualitas dan mengembangkan produk baru dari anyaman rotan.

Bina Usaha Rotan memproduksi anyaman berdasarkan pesanan. Keuntungan yang didapat oleh lembaga usaha ini akan disalurkan kembali kepada
anggota guna memperbaiki tingkat kesejahteraan pengrajin. Usaha pengembangan kerajinan rotan ini juga di kembangkan untuk melindungi wilayah mereka dari penggundulan hutan dan kerusakan alam akibat ekploitasi hutan.

Halaman ini diciptakan hanya untuk memasarkan produk dan memperkenalkan lembaga usaha pengrajin rotan di kabupaten Kutai Barat yaitu ”Bina Usaha Rotan” ini kepada masyarakat umum. Jika anda ingin membeli produk buatan tangan ini, silahkan menghubungi kami untuk pemesanan.

contact: setingsetiawan@gmail.com