Pages

8 HAK KESEHATAN ANDA

oleh Margaretha Seting Beraan pada 30 November 2009 jam 8:17
Kemanapun anda pergi untuk mendapatkan layanan kesehatan, anda musti mendapatkan perlakuan yang baik dan hormat.

Semua orang yang merawat kesehatan anda harus melakukan tugas mereka sebaik mungkin untuk memberi anda:

1. AKSES

Siapa saja yang membutuhkan layanan kesehatan harus memperolehnya. Tidak jadi soal di manakah anda tinggal, tak peduli apakah anda punya banyak uang ataukah tidak, apa agama anda, apa status anda dalam masyarakat, warna kulit anda, apa keyakinan politis anda, atau problema kesehatan macam apa yang ada hadapi, sarana kesehatan masyarakat harus terbuka bagi anda.

2. INFORMASI

Anda berhak memperoleh pemberitahuan tentang apa sebenarnya probleme kesehatan yang mengganggu anda itu, dan pilihan pengobatan apa sajakah yang ada. Orang yang memeriksa anda harus memastikan agar anda betul-betul memahami apa yang anda butuhkan untuk memperbaikin kondisi kesehatan anda serta agar tak terulang lagi problema serupa dimasa mendatang.

3. PILIHAN

Anda berhak memilih apakah anda akan dirawat atau tidak, dan pengobatan macam apa yang anda kehendaki. Anda juga berhak memilih mau berobat kemana.

4. KEAMANAN

Anda berhak memperoleh informasi yang anda perlukan untuk menghindari dampak-dampak sampingan yag membahayakan dari suatu metoda pengobatan. Anda berhak menerima penjelasan tentang bagaimana terulangnya problema serupa.

5. HORMAT

Anda berhak memperoleh pelayanan dengan hormat dan sopan.

6. PRIVASI

Privasi berarti hak anda untuk mengatakan masalah anda kepada dokter, perawat, atau pekerja kesehatan lainnya, tanpa sepengetahuan orang lain dan tanpa diceritakan kepada orang-orang lain. Apa yang anda bicarakan itu haruslah dirahasiakan oleh dokter, perawat, atau pekerja kesehatan lainnya. Pemeriksaan kesehatan tubuh anda harus dilaksanakan di ruang tersendiri, jangan sampai ada orang lain yang tak berkepentingan ikut melihat. Seandainya diruangan itu terdapat orang lain selain dokter atau perawat yang memeriksa dan melayani anda, anda berhak memperoleh penjelasan siapa sajakah orang-orang itu dan mengapa mereka musti berada disana, umpamanya para mahasiswa fakultas kedokteran yang sedang belajar praktik melayani pasien. Adna berhak meminta mereka meninggalkan ruangan bila anda merasa terganggu oleh kehadiran mereka. Ini adalah hak privasi anda. Dan dokter atau perawat tidak boleh memaksakannya kepada anda.

7. KENYAMANAN

Selama pemeriksaan atau pelayanan kesehatan, anda berhak memperoleh kenyamanan sejauh dimungkinkan. Selama menunggu giliran pun anda berhak memperoleh tempat menunggu yang nyaman dan seharusnya para petugas kesehtan tidak membiarkan anda menunggu terlalu lama.

8. PERAWATAN LANJUTAN

Bila anda masih membutuhkan pelayananan lebih jauh, anda berhak kembali mendatangi dokter atau perawat yang telah memeriksa dan mealayani anda sebelumnya, atau menerima catatan tertulis tentang perawatan yang sudah anda terima untuk dibawa jke dokter, perawat atau pekerja kesehatan lain sehingga perawatan lanjutan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

No comments:

Post a Comment