Pages

Gambaran Anak Muda Indonesia

oleh Margaretha Seting Beraan pada 28 Oktober 2010 jam 12:16
(dari catatan Hermawan Kartajaya--Founder dan CEO,MarkPlus, Inc = Garuda Indonesia inflight magazine)

Walaupun tujuan survey ini untuk menembak kaum muda sebagai konsumen, tapi tak apalah bisa kita jadikan bahan informasi yang berguna

Beberapa waktu yang lalu MarkPlus Insight melaksanakan survei khusus anak muda Indonesia yang melibatkan hampir 800 responder berusia 16 hingga 35 tahun dari kelas sosial A  dan B di enam kota besar (Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Semarang, Dan  Makassar). dilakukan segmentasi pasa­r anak muda Indonesia untuk memberi gambaran tentang mereka kepada para marketer. Mimpi mereka akan menentukan pasar Indonesia satu dekade lagi.
Di temukan segmentasi baru yang terbentuk berdasarkan karakter anak muda.
Anak muda adalah tulang punggung bangsa ini. Pahamilah Kegelisahan mereka!


Dari sekian banyak keunikan dan keragaman anak muda, dikelompokkan menjadi segmen besar, yang dijuluki empat Macro communities anak muda Indonesia. Macro community pertama, "Patriot”, jumlahnya kurang lebih 25,7 persen. Mereka adalah anak yang Punya idealisme dan rasa nasionalisme yang tinggi, cenderung jadi pemimpin. Anak muda dari kelompok ini memiliki jiwa sosial yang tinggi dan  sangat loyal. Kedua, "Buddy", 24,8 persen, adalah tipe anak muda yang cukup santai, memiliki banyak teman, toleran, dan peduli kepada orang lain. Ketiga, "Fighter", 24,3 persen, tergolong anak muda yang keras, punya banyak kegelisahan, outspoken, Dan  kadang sedikit egois. Keempat,"Star", 25,2 persen, cenderung idealis dan populer, punya pengaruh besar dalam peergroupnya, punya tujuan hidup yang jelas bagi masa depannya, namun cenderung fokus pada diri sendiri--> yang mana kategorimu ^.^ ? 

Apapun kategorimu....jadilah seseorang yang berbuat sesuatu bagi bangsa dan sesamamu.
HIDUP PEMUDI DAN PEMUDA INDONESIA!!!!


No comments:

Post a Comment